Posted by: endonesiabebas | February 6, 2009

Bayi Baru Lahir Kok Bentuknya Aneh ???

Begitulah yang tetulis di benak saya pada sayi melihat bayi pertama saya ini, dalam benak saya masak sih ada KDRI (Kekerasan Dalam Rahim Ibu). Maklum yang sering saya lihat adalah bayi di usia 6 bulan samapi 1 tahun. Jujur pada saat itu saya berpikir apakah itu kelainan ? sampai – sampai penasaran saya ini menjadi motivasi untuk mencari tahu kenapa kok begitu, soalnya nanya ke suster, ataupun dokter, jawabnya hanya “memang begitu…. emang harus bagaimana ?” ….. CAPEKKKK DEEEEHHHH …….

Nah akhirnya saya mendapatkan jawababn dari majalah Ayahbunda edisi 3 09-22 Februari 2009, yang inti dari artikel itu adalah:

  1. Wajahnya sembab, dikarenakan tekanan yang kuat dialami saat lewat jalan lahir, selain wajah, mata bayi bayi biasanya tampak bengkak. Dalam 1 – 2 hari bengkak di wajah akan hilang.
  2. Kok wajahnya berbulu dan kumisan ?, merupakan sisa rambut janin yang belum luruh semuanya. Selain kumis, bayi perumpuan juga nampak berambut pada bahu dan punggung.
  3. Alat kelaminnya membengkak, Sejumlah hormon kehamilan Ibu yang hamil, masuk ke tubuh si kecil lewat plasenta, lalu mempengaruhi perkembangan organ seksualnya. Biasanya pada bayi laki – laki kantung zakarnya agak membesar dan pada bayi perempuan bibir luar kelaminnya tampak membesar.
  4. Payudara bayi membesar ????, ini pengaruh hormon esterogen dan Ibunya yang masih tinggi, dan pastinya akan mengecil selang beberapa hari dan minggu.
  5. Kulit berlemak, merupakan lapisan lemak yang melindungi bayi di dalam rahim, katanya beberapa hari akan hilang.
  6. Kaki dan tangan bayi pucat, merupakan proses yang wajar, sebab sistem sirkulasi darah bayi belum sempurna. Pada saat itu sistem pada tubuh bayi lebih mempriritaskan untuk organ tubuh yang penting, seperti otak, paru – paru dan jantung. Untuk kaki dan tangan merupakan organ terkhir yang dilalui darah.

Yah..begitulah kecemasan pada seorang ayah yang pertamakali melihat bayinya. lega rasa..mak..plooooong……….

Thank you so much to my wife .


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: