Posted by: endonesiabebas | April 7, 2009

SNI (Standar Nasional Indonesia)

Sering kali kita selalu melihat tulisan SNI atau mendengan kata tersebut. Bagi para pengendara motor, mungkin sering melihat tertera di helm. Namun apakah selama ini kita paham tentang SNI, lalu hubungannya dengan ISO itu apa ? apakah SNI compatible dengan ISO?

Sesuai dengan singkatannya, SNI merupakan suatu standar. Standar disini adalah dokumen berisi ketentuan teknis yang disusun atas kesepakatan bersama dan berlaku di suatu wilayah tertentu. Karena SNI adalah Standar Nasional Indonesia maka wilayah tersebut adalah wilayah seluruh Indonesia.
Standar tersebut disusun dan ditetapkan untuk melindungi kepentingan konsumen, produsen, dan negara dalam aspek keamanan, kesehatan, keselamatan, dan kelestarian lingkungan hidup.
Dalam proses perumusan SNI, BSN selalu menitifikasi ke ISO. Notifikasi ini dilakukan untuk menghindari duplikasi dalam penyusunan standar di antara negara – negara anggota ISO dan meminimalkan perbedaan standar antar negara
Dalam penyusunan standar, negara anggota ISO juga berhak mengadopsi seluruh isi ISO sehingga dapat dikatakan bahwa SNI selaras dengan ISO.
Contohnya, Standar Manajemen Mutu SNI 19-9001 identik dengan ISO 9001, Standar Manajemen Lingkungan SNI 19-14001, indentik dengan ISO 14001

Sumber : Bisnis Indonesia 30 Oktober 2008


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: